Sekolah Binatang VS Multiple Inteligent

mahasiswa x : kenapa IP-ku jeblok banget sih!!!! BeTe!!!apa kah aku tergolong bodoh???!!!
orang tua Y : punya anak kok g pinter!!!! g pernah rangking 10 besar!!!!sama sekali g cerdas

ingatlah bahwa ip yang jeblok…rangking yang pilon pada anak bukan berarti anak tidak cerdas….kita sebagai mahasiswa ataupun sebagai calon orang tua harus sepenuhnya memahami…bahwa kecerdasan tidak hanya terbatas pada skill akademis atau IQ. Sesuai yang dikatakan Dr.Howard Gardner bahwa terdapat 8 tipe kecerdasan atau teori multiple Inteligent yang dikembangkan pada tahun 1983. Atau yang sekarang mulai berkembang sepertinya ada lebih dari 8 kecerdasan.

kita bisa mengumpamakn itu seperti yang tersirat pada dongen berikut,,,,dongeng tentang sekolah binatang. Suatu hari binatang2 tua mulai berencana untuk mendirikan sekolah binatang…dan kabar mulai heboh dan diberitakan melalui semua media…setelah melalui pertemua dan perdebatan yang alot akhirnya diputuskan-lah kurikulum yang harus diikuti semua peserta didik sekolah binatang mulai dari kelas terbang, renang, menggali sampai berlari. Sejak pertama kelas berjalan sepertinya ada yang tidak beres….kelinci yang tidak bisa berenang harus mati-matian belajar berenang, bahkan dia di beri jam tambahan belajar berenang untuk memenuhi nilai renangnya yang sangat kurang…semua perhatian kelinci dan waktunya hanya tersita untuk berlatih berenang hingga ia mengabaikan bagaimana cara berlari yang baik…akhirnya ia tidak akan pernah menjadi pelari tercepat yang memang seharusnya ia miliki maupun menjadi perenang terbaik.begitupila elang yang tidak pernah bisa lagi menjadi penerbang terhebat ketika ia hanya mati-matian mengejar nilai pada kelas menggali.

—————————————————————-

bukankah itu adalah hal yang cukup memprihatinkan,,,betapa potensi si kelinci untuk menjadi pelari terhebat telah musnah ketika ia harus mendapatkan nilai baik pada kelas berenang. Itulah yang kini sedang berkembang pada dunia pendidikan formal kita….itu adalah konsep yang sudah membudaya pada pola pikir masyarakat kita tentang arti CERDAS.

kita bisa menjadi orang yang berpotensi dalam suatu bidang…hanya saja kita belum tau dimana letak kecerdasan kita…apakah musik??? atau kata?? atau berbicara….mari kita cari bersama ..(pd posting berikutnya….

to be continue…(tentang byk kecerdasan, bagian manakah kita????)